Manfaat dan Kegunaan Website dalam Bisnis

Menghemat Uang

Pada zaman dahulu, jauh sebelum internet ditemukan, produk dipasarkan lewat saluran media massa seperti surat kabar atau televisi. Upaya ini dilakukan demi memperkenalkan produk dan jasa kepada sebanyak mungkin konsumen potensial. Namun kelemahannya adalah BIAYANYA MAHAL.
Beruntung bagi Anda yang menjadi pebisnis di zaman modern ini. Anda bisa memulai bisnis secara kecil-kecilan dengan modal iklan yang rendah. Caranya adalah dengan membuat iklan di website sendiri. Apabila dibandingkan dengan biaya iklan di surat kabar atau televisi, tentunya ini adalah cara yang sangat efektif dan MURAH untuk mempromosikan bisnis Anda.
Memang betul dibutuhkan biaya untuk membangun website, namun Anda bisa mendapatkan manfaat yang sangat luas hanya dengan membangun website yang biaya terendahnya sekitar Rp500.000 per bulan. Tenang, biaya tersebut akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan per tahun.

Terhubung dengan Pelanggan 24/7

Bayangkan jika Anda menyewa agen pemasaran untuk memasarkan produk dan jasa. Apakah mungkin konsumen bisa menjangkaunya kapan saja? Tentu tidak, karyawan adalah manusia yang perlu tidur dan perlu makan, sehingga umumnya mereka hanya bisa dijangkau beberapa jam saja sehari.
Lalu bagaimana dengan brosur atau katalog? Tentunya orang yang bertugas membagikannya juga pasti mencari jam-jam tertentu. Tidak mungkin Anda membagikannya di jam-jam sepi seperti subuh. Nah, kini bayangkan apabila Anda memiliki website. Website Anda tidak pernah tidur, tidak perlu istirahat makan siang, dan dapat diakses konsumen 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Konsumen dapat mencari berbagai informasi yang dibutuhkannya tentang produk dan layanan di situs Anda, di mana saja dan kapan saja.

Mudah Diakses

Sebuah website bisa diakses oleh Anda sendiri dan pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda ketika toko atau kantor offline ditutup. Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.

Sebagai Toko Pusat

Mungkin Anda sudah berjualan online di marketplace atau media sosial. Akan tetapi, Anda akan kesulitan untuk membangun merek jika hanya mengandalkan dua platform tersebut. Media sosial dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu kanal marketing untuk mendorong calon konsumen di media sosial agar mengunjungi website toko online.
Sedangkan untuk marketplace, Anda dapat memanfaatkannya cukup sebagai cabang dari website toko online Anda. Sebab, di marketplace Anda hanya menumpang atau menyewa lapak dari pemilik marketplace. Jika ada masalah atau perubahan kebijakan di marketplace, tentu Anda harus mengikuti peraturan dari pemilik lapak tersebut.
Punya Email dengan Domain Sendiri
Dengan memiliki sebuah website Anda juga dapat memiliki email dengan domain website. Jadi alamat email Anda tidak lagi menggunakan nama domain gratis. Selain terlihat profesional, dengan menggunakan email domain perusahaan, kredibilitas Anda juga meningkat di mata pelanggan.
Fitur ini juga memudahkan konsumen untuk mengetahui email mana yang resmi dari perusahaan atau toko Anda. Jadi selain email dengan domain tersebut bukan email resmi perusahaan. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah terhindar dari kejahatan penipuan yang mengatasnamakan perusahaan Anda.

Media untuk Press Release

Perusahaan Anda memerlukan eksposur media sebagai salah satu cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Di website ini Anda bisa menerbitkan press release yang berisi berita kegiatan perusahaan, update produk, event perusahaan, ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Jadi perusahaan Anda akan selalu terlihat aktif di mata pelanggan.

Comments